Jeda

     Kemarin aku membaca kutipan dari Dokter Yudhi Gejali, katanya:

"Gelas berfungsi karena ada ruang kosong di dalamnya. Jangan sepelekan ruang-ruang jeda, meski cuma sebentar. Action dan Non-Action itu saling mendukung. Banyak keajaiban justru terjadi saat kita berhenti berjuang." - Yudhi Gejali

    Dari kutipan itu membuat aku sedikit lega, karena ternyata tidak perlu terus menerus berusaha untuk melakukan aksi, tidak perlu terus menerus berjuang, tidak perlu terus menerus mengerjakan sesuatu yang produktif. Senyatanya tidak beraksi apa apa itu juga merupakan hal yang bagus, ternyata kita sebagai manusia juga butuh jeda dan ambil jarak dari semua kelelahan di dunia.

    Waktu terus berjalan dan aku selalu berusaha mengisi apa yang kosong dalam diriku, aku selalu berupaya membuat diriku selalu penuh, aku tidak bisa mengontrol diriku sendiri saat merasa kosong, tapi setelah membaca kutipan itu aku jadi sadar bahwa gelas tidak akan berfungsi jika tidak ada ruang kosong di dalamnya, begitupun aku sebagai manusia, aku tidak akan bisa menerima hal baru ketika aku selalu berusaha membuat diriku penuh, aku harus punya ruang kosong dalam diriku juga, karena ternyata ruang ruang itu juga punya makna, ternyata kekosongan itu tidak selalu buruk. 

    Aku merasa mendapatkan karma baik karena bisa mengenal Dokter Yudhi, beliau banyak mengajarkan arti kehidupan yang selama ini ku pertanyakan, banyak kutipannya yang membuatku sadar bahwa aku cuma manusia biasa dan tidak apa-apa untuk menjadi biasa saja dan mengambil jeda sebanyak yang aku mau dan butuhkan, itu sangat membuatku lebih menghargai diriku sendiri karena tidak melakukan apa-apa itu tidak apa.

    Karena akhir-akhir ini terlalu memforsir diriku untuk bekerja keras, aku jadi merasa sangat kosong dan mencoba mengisi kekosonganku dengan hal yang sebenarnya "sangat bukan aku". Dan ya, aku merasa semakin kosong setelahnya, jadi aku memutuskan untuk mengambil jarak dari niat itu dan menerima apapun yang aku rasakan, embrace my feeling and trying to be calm and peace karena ternyata ada banyak keajaiban justru akan terjadi saat kita berhenti berjuang. 

    Pesan dari tulisan ini adalah, don't be so hard on yourself. Jalan pelan-pelan aja, sekuatnya, semampunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyukai Budaya

Pertemuan Singkat