Kesalahan

    Setelah sekian lama menjadi manusia, sekian lama juga mengenal dan mengalami beberapa hal yang mungkin cuma bisa di bayangkan dan bilang dalam hati kalau "wah, ternyata aku sudah berjalan sejauh ini, ternyata aku sudah berhasil bertahan sejauh ini"..

    Hidup mengantarkan ku pada pengalaman-pengalaman yang mengesankan, menyedihkan, dan membahagiakan. Semua emosi menjadi satu, menjadi sekumpulan cerita yang peran utamanya adalah diriku sendiri. Aku sadar bahwa hidup di dunia ini sebenarnya adalah rangkaian cerita yang kita buat sendiri, cerita yang cuma kita peran utamanya. Kita bebas menulis cerita apa saja, kita boleh memilih siapa saja yang berperan dalam cerita kita, walaupun sesekali kita menemukan peran yang salah atau kurang cocok dengan cerita yang kita inginkan. Dan kesalahan itu sebenarnya, bagian dari cerita juga.

    Aku sering melakukan beberapa kesalahan di hidupku, di cerita yang aku buat. Aku mengambil keputusan yang salah, aku memilih orang yang salah, aku menentukan cita-cita yang salah, aku mengucapkan hal yang tidak seharusnya ku ucapkan. Aku melakukan banyak hal bodoh selama aku hidup, dan aku mulai sadar bahwa tidak apa-apa untuk melakukan kesalahan. Tidak apa-apa untuk gagal, karena kesalahan dan kegagalan menuntunku pada cerita selanjutnya.

    Kadang aku merasa bingung, akan ku bawa kemana lagi cerita hidupku, aku sering bertanya pada diriku sendiri "lalu selanjutnya apa" dan selalu seperti itu. Padahal, kita nggak perlu buru buru untuk menyelesaikan cerita ini. Kita nggak harus selalu punya cerita yang bagus, kita nggak harus punya cerita yang "memorable" it's okay untuk hidup biasa aja dan dengan penuh kesalahan yang kita lakukan. It's okay untuk punya cerita yang tidak sempurna.. It's okay untuk menjalani hidupmu sesuai dengan apa yang semesta berikan kepadamu. It's okay untuk menerima apa yang sudah di takdirkan padamu.

    Waktu memang tidak pernah bisa di putar lagi, waktu yang sudah berjalan, ya akan berjalan terus.. berjalan maju dan kita nggak akan pernah tau apa yang akan terjadi di depan, apa yang akan terjadi setelah ini. Kadang aku merasa kasihan dengan diriku, ia selalu memikirkan peran orang lain di hidupnya, ia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk orang lain, ia selalu kelelahan karena tidak bisa jujur dengan dirinya sendiri.

    Jika aku bisa memberi pesan untuk diriku; hiduplah sesuai keinginanmu, hiduplah dengan ceritamu sendiri, tidak baik untuk selalu menyalahkan diri sendiri, membuat kesalahan adalah hal yang wajar dan tidak apa-apa.. Orang orang yang menjadi peran pendamping dalam hidupmu adalah orang yang akan datang dan pergi dengan sendirinya. Kamu hanya harus tetap bertahan lagi, seperti biasanya. Tidak ada orang lain yang bisa membuatmu bahagia kecuali dirimu sendiri. Kesalahan yang sudah kamu buat, itu tidak akan merusak cerita yang kamu ciptakan, karena kesalahan adalah bagian dari cerita itu sendiri.


Tidak apa-apa ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyukai Budaya

Pertemuan Singkat

Jeda