Renjana

Dalam KBBI, renjana adalah rasa hati yang kuat. Mengutip tweet dari Badan Bahasa, sesuai maknanya kata ini dapat menggantikan padanan kata passion dalam bahasa Inggris.
[literature]

Membicarakan tentang passion atau kemauan terkuat dari dalam diri kita, tentunya kita semua punya hal hal yang kita cintai saat melakukannya. tentunya kita punya beberapa hal dimana kita akan sangat bahagia saat mengerjakannya. hal itu yang biasa disebut kemauan terdalam atau passion, jika diasah dengan benar akan menjadi bakat.

beberapa orang akan meninggalkan hal hal yang mereka sukai demi untuk menjalani apa yang mereka tidak sukai hanya untuk kepentingan tertentu yang mereka pikir itu akan baik untuk kedepannya, ketika melihat orang lain berhasil dengan segala pencapaiannya di dunia ini mereka jadi tergugah untuk mengikuti jalan yang sama, tanpa memperdulikan apa yang sebenarnya mereka sukai.

itulah kesalahan terbesar manusia. dimana selalu melihat keberhasilan orang lain akan menjadi keberhasilan mereka juga, mereka takut dengan apa yang mereka percayai sendiri, mereka memilih jalan aman untuk menuju apa yang orang harapkan kepada diri mereka. mereka selalu ditakuti oleh kegagalan, bahkan mereka takut untuk mengikuti kata hati mereka, keahlian yang mereka miliki seakan tidak ada gunanya dibandingkan dengan keahlian orang orang yang berhasil di luar sana. mereka tidak pernah percaya dengan bakat mereka sehingga mereka memilih untuk menjadi orang lain.

kekuatan sebuah passion adalah luar biasa, ketika kamu senang mengerjakan sesuatu hal, maka kamu akan bahagia, apalagi yang dicari didunia yang sebentar ini? menyiksa diri di jalan orang lain? mengorbankan kebahagiaan agar bisa bahagia seperti orang lain? standar orang akan terus menerus meningkat dan meningkat. untuk menjadikan diri kita setara dengan orang yang berhasil tentunya bukan hal yang mudah. yang harus kita lakukan adalah menciptakan standar kita sendiri, kembangkan potensi yang kita miliki dan apa yang sudah ada dalam hati kita, keinginan terkuat kita. tolong jadikan itu sebagai pondasi dalam dirimu sendiri. terlepas dari itu semua, asalkan kamu tau Tuhan menciptakan manusia dengan potensi nya sendiri-sendiri kita semua diciptakan dengan keahlian yang berbeda agar dunia ini selaras dan seimbang, manusia ditakdirkan berbeda karena apakah tidak suatu hal yang mustahil jika di semesta ini semua manusia sama?

adanya orang pintar itu karena ada orang bodoh, ada orang baik ya karena ada orang jahat, ada orang tinggi karena ada orang pendek. semua sudah menjadi tolak ukurnya masing-masing. hakikatnya kita memiliki potensi yang sangat besar, potensi yang berbeda dari manusia yang lainnya. jika kamu membaca literasi ini kamu akan sadar berapa lama Tuhan sudah kasih kamu umur. dan waktu yang diberikan Tuhan apakah sudah kamu manfaatkan sebaik mungkin?pikirkanlah untuk belajar menjadi dirimu sendiri, menuruti segala kata hatimu, mengerjakan hal yang berpotensi dalam dirimu. jangan menjadikan kesuksesan orang lain menjadi tolak ukur kesuksesanmu. karena sesungguhnya kalian berbeda, kamu istimewa karena kamu sendiri bukan karena mereka atau siapapun selain dirimu.

perjuangkanlah apa yang kamu bisa lakukan. jadikan itu sebagai karakteristik dari seorang kamu. jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu unik dengan segala perbedaan yang kamu miliki. karena Tuhan menciptakanmu jadi orang yang berbeda dengan manusia yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyukai Budaya

Pertemuan Singkat

Jeda